Visitasi Akreditasi Internasional, ASIIN Kunjungi Laboratorium UPT LDT

Visitasi Akreditasi Internasional, ASIIN Kunjungi Laboratorium UPT LDT

Mendalo – UPT. Laboratorium Dasar & Terpadu (UPT LDT) menerima kunjungan tim asesor dari Accreditation Agency for Degree Programs in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics (ASIIN) Jerman, dalam rangkaian kegiatan Visitasi Luring Akreditasi Internasional pada Fakultas Pertanian Universitas Jambi pada hari Senin, 22 Januari 2024.

ASIIN merupakan lembaga akreditasi berskala internasional yang kredibel dan diakui oleh pemerintah Indonesia melalui Kepmendikbud RI Nomor 83/P/2020. Lembaga akreditasi yang berasal dari Jerman ini menyasar disiplin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi yang mampu mencakup sebagian rumpun ilmu di Universitas Jambi. Tercatat, lembaga akreditasi ini sudah memiliki pengalaman menilai ribuan prodi berskala internasional.

Kepala UPT LDT, Ir. Saitul Fakhri, M.Sc., Ph.D menyambut hangat kunjungan ini dengan didampingi oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Suandi, M.Si. IPU, Wakil Dekan Bidang Akademik, Kerja Sama, dan Sistem Informasi Fakultas Pertanian, Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU dan Ketua Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Addion Nizori, S.TP., M.Sc., Ph.D.

Tim asesor ASIIN ini sendiri terdiri dari Klaster Pertanian , Prof. Mathias Gauly dari University Bozen-Bolzano, Prof. Dr. Siegfried Bolenz dari Neubrandenburg University of Applied Scienes, Prof. Dr. Jürgen Braun dari Nuertingen-Geislingen University, Almansyah Sinatrya dari Tobaco Leaf dan Fitria Yasmin Mazaya dari Universitas Gadjah Mada dan juga klaster Ilmu Hewan terdiri dari Prof. Dr. Mathias Gauly, Christian Gruber, Prof. Asmuddin Natsir dari Universitas Hasanuddin dan Rifda Annisa dari Institut Pertanian Bogor.

Pada kesempatan tersebut Tim asesor dari ASIIN melakukan visitasi dengan mengunjungi laboratorium yang ada pada UPT LDT diantaranya Laboratorium  Analitik dan Instrumentasi, Laboratorium Biokimia, Laboratorium Mikrobiologi dan terakhir para tim assesor mengujungi Laboratorium Biomolekuler, dalam kunjungan ini tim assesor juga malakukan sesi tanyajawab langsung kepada Kepala UPT LDT dan Teknisi Laboratorium. Kemudian melihat secara langsung kegiatan pengujian dan riset yang dilakukan Mahasiswa dan Teknisi Laboratorium, dalam penjelasannya Kepala dan Teknisi Laboratorium menjelaskan layanan dan fasilitas yang mendukung para pengguna laboratorium lintas Fakultas Universitas Jambi untuk keperluan pengujian dan riset. Asesor memberikan apresiasi atas layanan dan fasilitas yang dimiliki UPT LDT dan juga sertifikat kompetensi yang dimiliki para Teknisi Laboratorium UPT LDT.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *