UPT LDT Hadiri Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi 2024

UPT LDT Hadiri Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi 2024

Pekanbaru – UPT. Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT LDT) mengikuti kegiatan Pertemuan Teknis Laboratorium dan Penyelenggara Uji Profisiensi 2024 yang diadakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan tema “Peningkatan Kualitas Laboratorium Untuk Mendukung Keberlanjutan Pembangunan Ekonomi Indonesia”.

Acara yang berlangsung pada hari ini (7/3/2024) yang diadakan di Ruang Balairung Hotel Pangeran Pekanbaru.  Jl. Jend. Sudirman No.371-373, Pekanbaru, Riau dengan diikuti oleh lebih kurang 160 tamu undangan yang terdiri dari perwakilan laboratorium dan penyelenggara uji profisiensi yang telah diakreditasi oleh KAN di wilayah Sumatera, UPT LDT sendiri pada kegiatan ini diwakili oleh Teknisi Laboratorium, Ayu Pranindya, A.Md.

Pembicara dalam pertemuan ini diantaranya Plt Deputi Bidang Akreditasi BSN Selaku Sekretaris KAN, Donny Purnomo Januardhi Effyandono, ST., Direktur Akreditasi Laboratorium, Dr. Agustinus Praba Drijarkara, M.Eng., Asesor Kepala Komite Akreditasi Nasional, Drs. Dede Erawan, M.Sc. dan Manager Representative Laboratory – PT Pulau Sambu Guntung, Nola Yulia Kasuma, M.Sc.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasi perkembangan terkini kebijakan akreditasi serta sosialisasi perubahan/revisi peraturan KAN terbaru diantaranya aplikasi KANMIS (KAN-Management Information System) sudah diperbaharui dengan aplikasi terbaru sehingga secara otomatis KAN tidak lagi menggunakan aplikasi yang lama, untuk laboratorium yg belum update akan diupdate akunnya saat survailen/reakreditasi, ⁠legalitas KAN pada suatu laboratorium saat ini tergantung pada legalitas dokumen dan legalitas struktur organisasi, sehingga jika terdapat perubahan pada salah satu hal tersebut harus segera dilaporkan/diurus pada KAN, untuk survailen harus segera diajukan agar memudahkan proses assesment & tidak mendekati masa habis akreditasi, untuk itu diharapkan kepada instansi atau perusahaan agar dapat mem⁠perhatikan siklus-siklus akreditasi untuk penganggaran akreditasi agar jangan sampai melewati waktu yang telah ditentukan.

Laboratorium UPT LDT sendiri telah terakreditasi  SNI ISO/IEC17025:2017 untuk Kompetensi Laboratorium Penguji dengan Nomor Akreditasi LP-1774-IDN.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *