Tingkatkan Wawasan Personel, UPT LDT Jajaki Kerjasama dengan UPT. Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang

Tingkatkan Wawasan Personel, UPT LDT Jajaki Kerjasama dengan UPT. Laboratorium Terpadu Universitas Negeri Padang

Padang – UPT. Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT LDT) Universitas Jambi melakukan Benchmarking dan penjajakan kolaborasi ke UPT. Laboratorium Terpadu, Universitas Negeri Padang (UNP) pada tanggal 11/12/2023.

Kepala UPT LDT, Ir. Saitul Fakhri, M.Sc., Ph.D. dan rombongan diterima langsung oleh Kepala UPT. Laboratorium Terpadu UNP, Andril Arafat, ST., M.Eng., Ph.D. dan pada pertemuan ini ikut dihadiri Wakil Rektor III Universitas Negeri Padang, Prof. Yohandri, M.Si., Ph.D., Dalam sambutannya, Bapak Andril menyampaikan harapannya agar benchmarking ini bisa mempererat silaturahim dengan sesama Laboratroium Terpadu.

“Selamat Datang rekan-rekan dari Universitas Jambi, Kami berharap pada kesempatan ini tidak hanya menjadi sarana berbagi ilmu namun bisa mempererat silaturahmi sesama Laboratorium Terpadu”

“Sebagai salah satu unit income generating di Universitas Negeri Padang, Labdu selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan pengujian dan memperluas ruang lingkup pengujian yang ada di laboratorium kami, untuk itu kami membuka peluang kerjasama dan kolaborasi” tutup Bapak Andril.

Beliau juga berharap apa yang menjadi tujuan dan harapan dari UPT LDT melakukan benchmarking ini bisa tercapai dan membawa manfaat yang baik untuk Laboratorium UPT LDT kedepannya serta memperoleh pengalaman dari Laboratorium Terpadu UNP dalam mengelola laboratorium di Fakultas menjadi komersial.

Setelah mendengarkan presentasi dari Kepala UPT LDT dan Kepala Laboratorium Terpadu UNP tentang laboratorium masing-masing serta berbagai hal berkaitan dengan kegiatan laboratorium, delegasi dari UPT LDT diajak mengunjungi laboratorium dan melihat berbagai fasilitas laboratorium yang dimiliki UPT. Laboratorium Terpadu UNP, diantaranya laboratorium Batubara, XRD (Fisika) dan Real Time PCR (Biologi).

Rombongan UPT LDT yang terdiri dari Kepala, Teknsi Laboratorium dan Staf Administrasi dan Keuangan ini bukan hanya mengunjungi UNP tetapi juga mengunjungi Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMAK Padang), dalam rangka Bencmarking atau melihat lebih dekat proses belajar mengajar di SMAK Padang. pada Selasa, 12/12/2023.

Kebutuhan UPT LDT akan analis yang kompeten semakin meningkat sejalan dengan perluasan ruang lingkup pengujian, sehingga kehadiran UPT LDT pada SMAK Padang merupakan langkah strategis untuk menjalin kerjasama, mengingat sekolah ini pencetak analis kimia yang kompeten.

Kehadiran UPT LDT ini diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMAK Padang, Dr. Nasir, dalam kunjungan ini Kepala Sekolah pemaparkan mengenai sejarah dan pencapaian SMAK Padang.

“Siswa SMAK Padang setiap pratikum di laboratorium selalu menggunakan alat yang setara dengan industri dan bahakan mempunyai alat instrumen sistem robotik dan serba digital, sehingga bekerja di perusahan nantinya langsung menyesuaikan. Hal ini juga menunjukan bahwa pola pembelajaran di SMAK Padang sangat disiplin dan penuh ketelitian”

Selanjutnya tim UPT LDT diajak melihat secara langsung laboratorium dan proses belajar mengajar pada SMAK Padang, dan diakhiri dengan kegiatan bertukar cendera mata dan foto bersama.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *