UPT LDT hadiri Pertemuan Teknis Uji Profisiensi Tahun 2023 dari Kementerian Perindustrian

UPT LDT hadiri Pertemuan Teknis Uji Profisiensi Tahun 2023 dari Kementerian Perindustrian

Bandung – UPT. Laboratorium Dasar dan Terpadu (UPT LDT) Universitas Jambi yang diwakili oleh Dwi Maya Azwir, ST. menghadiri Pertemuan Teknis Uji Profisiensi Tahun 2023 dari Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik (BBSPJIBBT) Kementerian Perindustrian di Bandung, Jawa Barat pada 7 – 8 Desember 2023.

Acara yang berlangsung di Sensa Hotel Jl. Cihampelas Bandung ini yang diagendakan membahas hasil uji profisiensi ini dibuka langsung oleh Kepala Balai Besar Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri Bahan dan Barang Teknik (BBSPJIBBT) Bapak Junadi Marki, S.T, M.T.

UPT LDT sendiri menjadi salah satu peserta dalam kegiatan Uji Profisiensi Air untuk parameter Warna (color), Fe, Mn yang diselenggarakan oleh Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Kementerian Perindustrian pada tanggal 24 Juli – 4 agustus 2023 lalu. Salah satu cara untuk melakukan Pengendalian Mutu Eksternal adalah dengan mengikuti Uji Profisiensi. Uji Profisiensi dilakukan untuk mengetahui tingkat kinerja/unjuk kerja laboratorium dengan cara pembandingan hasil uji antar laboratorium. Dengan mengikuti Uji Profisiensi dapat diketahui taraf keterampilan dan pengetahuan personel, kesahihan alat serta keabsahan metode analisa yang digunakan.

Selain Uji Profisiensi Air dari Balai Besar Bahan dan Barang Teknik Kementerian Perindustrian, UPT LDT pada tahun 2023 ini juga mengikuti Uji Profisiensi Pakan dan Bahan Pakan untuk parameter Posfor, Ca, NaCl, TVBN, NDF, Kadar Air, Kadar Abu, Serat Kasar, Gross Energy, Lemak Kasar, Protein Kasar, diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian pada tanggal 3 – 30 Juni 2023 dan Uji Profisiensi Air pada parameter Mikrobiologi dan Metal, diselenggarakan oleh Environmental Resource Associates (ERA) Water’s Company pada Tanggal 3 – 20 November 2023.

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *